selamat datang di blog saya, semoga postingan dalam blog saya bermanfaat untuk anda.....
salam......

Cara Memangkas Lemak Dalam Darah

Sebuah hasil tes darah yang sederhana dapat mengetahui apakah memiliki terlalu banyak lemak yang disebut trigliserida dalam darah. Kadar trigliserida yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan kondisi pengerasan dan penebalan arteri, serangan jantung atau stroke. Untuk menghindari kondisi tersebut, maka cobalah untuk menjaga kadar trigliserida di bawah 150 mg/dL.

Dengan mengubah kebiasaan makan dapat untuk menjaga kadar trigliserida tetap normal. Kira-kira makanan apa saja yang dapat untuk menjaga kadar trigliserida darah?

Berikut beberapa makanan yang dapat untuk menjaga kadar trigliserida darah antara lain:

1. Makan makanan bebas gula

Gula dapat meningkatkan trigliserida, maka sebaiknya menurunkan konsumsi tidak lebih dari 8 persen dari total kalori setiap hari. Memeriksa bahan-bahan pada label makanan olahan mengetahui apakah mengandung gula. Bahan-bahan berkut yang semuanya adalah bentuk-bentuk dari gula dan sering terkandung dalam makanan olahan:

a. Sirup jagung
b. Dekstrosa
c. Fruktosa
d. Glukosa
e. Madu
f. Maltosa
g. Sukrosa

2. Mengonsumsi biji-bijian

Pati seperti kentang, nasi putih, dan pasta, serta makanan yang terbuat dari tepung putih, dapat menaikkan kadar trigliserida darah. Makanan pengganti nasi dan pasta adalah gandum dan roti.

3. Memilih minuman lain selain alkohol

Jumlah yang bahkan sangat kecil alkohol dapat meningkatkan trigliserid. Jika kadar trigliserida dalam darah lebih dari 150 mg/dL, maka sebaiknya memilih mengonsumsi air, teh, kopi atau soda.

4. Memilih lemak tak jenuh

Untuk menjaga kadar trigliserida sebaiknya mengurangi daging merah, kuning telur, dan lemak dari produk susu, yang semuanya mengandung lemak jenuh. Makanan pengganti lemak jenuh adalah lemak tak jenuh tunggal dari sumber tanaman, seperti zaitun, kacang tanah, dan minyak canola.

Ikan, seperti tuna, mackerel dan salmon, yang tinggi asam lemak omega 3 juga menyehatkan dan dapat menjadi pengganti makanan yang mengandung lemak jenuh.

5. Makanan yang tidak mengandung lemak trans

Lemak trans adalah lemak buatan yang muncul dalam makanan yang digoreng. Lemak tersebut sangat buruk bagi jantung, karena dapat menaikkan kadar trigliserida darah. Periksalah bahan-bahan dari setiap makanan olahan yang akan dibeli. Jika tertera tulisan terhidrogenasi parsial dalam label makanan olahan, maka produk tersebut aman.

Selain mengelola makanan yang dikonsumsi, menurunkakadar trigliserida darah juga dapat dengan berolahraga secara teratur dan menurunkan berat badan.

No comments:

Post a Comment

Followers